Sabtu, 19 April 2014

RPP Akhlak Pergaulan Remaja


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(R P P)

Satuan Pendidikan    : SMAN 01 Kotabumi     
Mata Pelajaran          : PAI
Kelas/Semester          : XI/Ganjil
Alokasi Waktu           : 1 x 20 menit (1x pertemuan)
Pertemuan Ke           : Pertama (1)
SK                               : 3. Membiasakan perilaku terpuji
KD                              : 3.1 Menjelaskan pengertian dan pentingnya akhlak terpuji dalam
pergaulan remaja
Indikator :
·           Menjelaskan pengertian akhlak dan pergaulan
·           Menyebutkan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
·           Mencontohkan akhlak terpuji dan menghindari akhlak tercela dalam pergaulan sehari-hari.

A.       Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1
Setelah mengikuti proses pembelajaran, diharapkan siswa dapat :
·           Menjelaskan pengertian akhlak dan pergaulan
·           Menyebutkan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
·           Mencontohkan akhlak terpuji dan menghindari akhlak tercela dalam pergaulan sehari-hari.
(Nilai karakter yang dimunculkan adalah siswa berani mengemukakan pendapat, berperilaku baik dalam pergaulan, selektif dalam memilih teman, dan selalu berpedoman pada Al-Qur’an dan Hadis).
B.        Materi Pembelajaran

§   Pengertian akhlak dan pergaulan
Ahlak secara etimologi berasal dari kata khuluq dan jama’nya akhlaq yang berarti budi pekerti, etika, moral. Ahlak adalah keadaan gerak yang mendorong untuk melakukan perbuatan-perbuatan dengan mudah dengan tidak memerlukan pertimbangan pikiran terlebih dahulu.
Akhlak yang mulia yaitu akhlak yang diridai oleh Allah SWT, akhlak yang baik itu dapat diwujudkan dengan mendekatkan diri kita kepada Allah yaitu dengan mematuhi segala perintahnya dan meninggalkan semua larangannya, mengikuti ajaran-ajaran dari sunnah Rasulullah, mencegah diri kita untuk mendekati yang ma’ruf dan menjauhi yang munkar.
Sedangkan pergaulan adalah suatu interaksi antara satu dengan lainnya yang tidak dibatasi oleh apapun. Pergaulan dapat ditemui dimana saja mulai dilingkungan keluarga sampai masyarakat umum yang membutuhkan adanya tata cara bergaul sehingga akan ditemui kehidupan yang damai dan rukun, apalagi remaja yang ada pada zaman sekarang menghadapi zaman yang penuh dengan tantangan dan godaan, apalagi yang berhubungan dengan life style. Oleh karena itu akhlakul karimah sangat penting dalam pergaulan masyarakat, terutama dalam pergaulan remaja, apalagi saat ini sedang maraknya berbagi kenakalan remaja, baik minum-minuman keras, berjudi, freesex, narkoba dan lain-lain.
§   Pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan
Islam memandang bahwa remaja adalah objek dan subyek pendidikan yang memerlukan  perhatian khusus. Remaja merupakan generasi masa depan yang menjadi harapan bangsa. Selain itu remaja merupakan aset berharga yang harus dipelihara dan dijaga sebaik-baiknya. Segala urusan dan permasalahan yang terkait dengan remaja harus selalu diperhatikan dengan bersungguh-sungguh.
Mengingat peran pentingnya remaja bagi masa depan negara. Maka kita harus menanamkan kebiasaan akhlak terpuji bagi remaja. Kebiasaan terpuji akan membentuk watak terpuji pula dalam kehidupan mereka. Demikian juga dengan halnya dengan maju dan mundurnya masyarakat, serta keterpurukan yang dialami oleh sebuah bangsa tergantung pada karakter generasi muda.
Pentingnya berakhlak terpuji bagi pergaulan remaja yaitu :
o   Menjadikan manusia yang insan kamil dan bertakwa.
o   Eratnya tali silaturahmi.
o   Dapat saling percaya
o   Membangun pertumbuhan dan kemajuan negara
o   Dapat menciptakan suasana aman dan nyaman

C.       Metode Pembelajaran
Metode Role Playing
Metode role playing adalah suatu cara penguasaan bahan-bahan pelajaran melalui pengembangan imajinasi dan penghayatan siswa yang dilakukan dengan memerankannya sebagai tokoh hidup atau benda mati.
Langkah-langkahnya :
a.       Guru menyusun dan menyiapkan skenario yang akan ditampilkan
b.      Menunjuk beberapa siswa untuk mempelajari skenario dua hari sebelum KBM
c.       Guru membentuk kelompok siswa yang anggotanya 5 orang
d.      Memberikan penjelasan tentang kompetensi yang ingin dicapai dalam pembelajaran
e.       Memanggil para siswa yang sudah ditunjuk untuk memerankan skenario yang sudah dipersiapkan
f.       Masing-masing siswa duduk dikelompoknya, sambil memperhatikan skenario yang sedang diperagakan
g.      Setelah selesai dipentaskan, masing-masing siswa diberikan kertas sebagai lembar kerja untuk membahas
h.      Masing-masing kelompok menyampaikan hasil kesimpulannya
i.        Guru memberikan kesimpulan

D.       Langkah-langkah Pembelajaran

1.         Kegiatan Awal (5 menit)

·         Mengucapkan salam
·         Mengecek kehadiran siswa (absensi)
·         Membaca basmallah (berdo’a) sebelum memulai pelajaran

a.      Apersepsi (2 menit)
Mengulas singkat materi pelajaran yang lalu yaitu tentang adab bertamu dan menerima tamu. Kemudian melanjutkan materi pelajaran yang akan dipelajari yaitu tentang akhlak terpuji dalam pergaulan remaja.
b.      Motivasi (1 menit)
Menyampaikan tujuan pembelajaran yaitu agar siswa menerapkan akhlak terpuji dalam pergaulan dan manfaatnya adalah mencegah siswa dari pergaulan yang tidak baik dan terjerumus ke dalam kesesatan.
c.       Preparasi (2 menit)
Mempersiapkan buku PAI, media, dan alat pembelajaran lainnya. Mengkondisikan kelas dan mental siswa agar siap menerima pelajaran. Memberikan pertanyaan dasar untuk menggali pengetahuan siswa tentang akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
(Nilai karakter yang dimunculkan dalam kegiatan awal (Apersepsi, Preparasi dan Motivasi) adalah empati/peduli, taqwa kepada Allah SWT. dengan selalu mengingat-Nya dalam setiap akan memulai aktifitas, mengembangkan ingatan/pengetahuan siswa, merangsang rasa ingin tahu, berani bertanya dan menjawab pertanyaan, dan disiplin).
2.         Kegiatan Inti (15 menit)

a.         Eksplorasi (3 menit)
Siswa membaca buku PAI materi tentang akhlak terpuji dalam pergaulan remaja, dan guru bertanya jawab kepada siswa tentang pengertian akhlak.
(Nilai karakter yang diharapkan adalah siswa pandai mengintisari buku bacaan, berani mengemukakan pendapat, kerjasama dalam belajar, dan saling berbagi pengetahuan)
b.         Elaborasi (9 menit)
Guru menjelaskan pengertian akhlak dan pergaulan, menjelaskan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja. Siswa bermain peran memperagakan akhlak terpuji dan akhlak tercela dalam pergaulan remaja.  Guru menyusun dan menyiapkan skenario yang akan ditampilkan siswa yaitu mencontohkan tentang akhlak terpuji dan akhlak tercela dalam pergaulan remaja, guru menunjuk 10 orang siswa untuk mempelajari skenario dua hari sebelum KBM, guru membentuk kelompok siswa menjadi 2 kelompok yang anggotanya 5 orang, guru memberikan penjelasan tentang kompetensi yang ingin dicapai dalam pembelajaran, kemudian memanggil para siswa yang sudah ditunjuk untuk memerankan skenario yang sudah dipersiapkan, dan masing-masing siswa duduk dikelompoknya, sambil memperhatikan skenario yang sedang diperagakan oleh kelompok lain, setelah selesai dipentaskan, masing-masing siswa diberikan kertas sebagai lembar kerja untuk membahas, kemudian masing-masing kelompok menyampaikan hasil kesimpulannya, dan diakhiri dengan guru memberikan kesimpulan.
(Nilai karakter yang ditanamkan adalah berani bertanya dan mengemukakan pendapat, kerjasama, berani tampil di depan umum, berakhlak terpuji, silaturahmi, saling menyayangi, meneladani Rasulullah, pandai menyaring informasi, menjaga pergaulan, dan taqwa kepada Allah SWT).
c.         Konfirmasi (3 menit)
Guru memberikan penguatan untuk materi yang telah dibahas yaitu tentang akhlak terpuji dalam pergaulan remaja, dengan menegaskan kembali apa yang telah disampaikan, memotivasi siswa yang kurang berpartisipasi aktif dengan meminta mereka untuk rajin membaca buku di rumah. Kemudian merefleksikan kegiatan pembelajaran.
(Nilai karakter yang ditanamkan adalah siswa rajin membaca, dan banyak bertanya)
3.      Kegiatan Akhir (5 menit)
Guru menyimpulkan pelajaran tentang akhlak terpuji dalam pergaulan remaja, memberikan tugas (PR) kepada siswa, menutup pertemuan dengan membaca lafadz hamdalah, berdo’a sebelum pulang, dan keluar kelas dengan tertib serta tepat pada waktunya.
(Nilai karakter yang ditanamkan adalah rajin, taqwa, dan disiplin).

E.       Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
Media :
·      Power Point/LCD
·      Papan Tulis
Sumber Belajar :
·       Buku PAI kelas XI
·       Internet

F.        Penilaian

a.      Pengetahuan

·         Teknik penilaian : Tes tertulis
·         Bentuk penilaian : Essay

Tes Tertulis

Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen


·         Menjelaskan pengertian akhlak dan pergaulan

·         Menyebutkan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja





Tes Tertulis






Uraian
·         Tuliskan pengertian akhlak dan pergaulan!
·         Apakah pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja?
·         Bagaimana membentengi akhlak remaja agar tidak terpengaruh oleh pergaulan yang tidak baik?
·         Siapakah yang paling berperan untuk membentuk akhlak?

Lembar Penilaian Tes Tertulis
No
Butir-butir soal
Kunci Jawaban
Skor
1.









2







3






4


Tuliskan pengertian akhlak dan pergaulan!







Apakah pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja?




Bagaimana membentengi akhlak remaja agar tidak terpengaruh oleh pergaulan yang tidak baik?


Siapakah yang paling berperan untuk membentuk akhlak remaja?

1.    Ahlak secara etimologi berasal dari kata khuluq dan jama’nya akhlaq yang berarti budi pekerti, etika, moral. Ahlak adalah keadaan gerak yang mendorong untuk melakukan perbuatan-perbuatan dengan mudah dengan tidak memerlukan pertimbangan pikiran terlebih dahulu. Akhlak yang mulia yaitu akhlak yang diridhai oleh Allah SWT., Sedangkan pergaulan adalah suatu interaksi antara satu dengan lainnya yang tidak dibatasi oleh apapun. Pergaulan dapat ditemui dimana saja mulai dilingkungan keluarga sampai masyarakat umum yang membutuhkan adanya tata cara bergaul sehingga akan ditemui kehidupan yang damai dan rukun.

2.    Pentingnya berakhlak terpuji bagi pergaulan remaja yaitu :
o   Menjadikan manusia yang insan kamil dan bertakwa.
o   Eratnya tali silaturahmi.
o   Dapat saling percaya
o   Membangun pertumbuhan dan kemajuan negara
o   Dapat menciptakan suasana aman dan nyaman

3.    Membentengi akhlak remaja agar tidak terpengaruh oleh pergaulan yang tidak baik adalah dengan menanamkan pendidikan agama sejak dini yang dimulai dari lingkungan keluarga, menyekolahkan anak pada lembaga pendidikan Islam. Selalu dikontrol oleh orang tua dengan siapa anak bergaul, dan menempatkan anak pada tempat di lingkungan yang baik.

4.    Yang paling berperan untuk membentuk akhlak anak adalah orang tua, untuk menanamkan akhlak yang baik pada anak haruslah dimulai dari lingkungan keluarga yang tentunya kedua orang tua dapat menjadi teladan bagi anaknya, dengan memberikan contoh akhlak yang baik. Lembaga pendidikan, dan masyarakat juga dapat menjadi media bagi pembentukan akhlak remaja.


25







25




25




25

b.      Perbuatan/Performance

·         Teknik penilaian : Tes perbuatan
·         Bentuk penilaian : Bermain peran/memperagakan

Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
·         Mencontohkan akhlak terpuji dan menghindari akhlak tercela dalam pergaulan sehari-hari

Tes Perbuatan

Bermain peran

Lembar Penilaian Tes Perbuatan

No.

Nama
Aspek yang dinilai

Pengetahuan
Kejelasan ucapan
Penguasaan naskah
Penghayatan
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
Ananda
Ilal
Ispar
Rani
Ririn
Siska
Sundari
Susilawati
Tri
Yosi








Pedoman penskoran
Rentang nilai :
Sempurna        : 4
Baik                 : 3
Cukup                         : 2
Kurang            : 1
Skor maksimal             : Rentang nilai baik x Banyaknya aspek yang dinilai
: 4 x 4 = 16
Skor maksimalnya       : 16

Pedoman penskoran    : Skor yang diperoleh x 100
         Skor maksimal
 = 16 x 100  = 1600 = 100
                         16              16



Mengetahui,
Kepala SMAN 01 Kotabumi




Dra. Elizar, M.Pd
NIP. 1957091020010814
               Kotabumi,  21 Maret 2014

Guru Bidang Studi PAI




Vera Yuliar, S.Pd.I
NIP. 1993031207200604



Tidak ada komentar:

Posting Komentar