RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(R P P)
Satuan Pendidikan : SMAN 01 Kotabumi
Mata Pelajaran : PAI
Kelas/Semester : XI/Ganjil
Alokasi Waktu : 1 x 20 menit (1x pertemuan)
Pertemuan Ke : Pertama (1)
SK : 3. Membiasakan
perilaku terpuji
KD :
3.1 Menjelaskan pengertian dan pentingnya akhlak terpuji dalam
pergaulan
remaja
Indikator :
·
Menjelaskan pengertian akhlak dan pergaulan
·
Menyebutkan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan
remaja
·
Mencontohkan akhlak terpuji dan menghindari akhlak
tercela dalam pergaulan sehari-hari.
A.
Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan 1
Setelah mengikuti proses pembelajaran,
diharapkan siswa dapat :
·
Menjelaskan pengertian akhlak dan pergaulan
·
Menyebutkan pentingnya akhlak terpuji dalam
pergaulan remaja
·
Mencontohkan akhlak terpuji dan menghindari akhlak
tercela dalam pergaulan sehari-hari.
(Nilai
karakter yang dimunculkan adalah siswa berani mengemukakan pendapat,
berperilaku baik dalam pergaulan, selektif dalam memilih teman, dan selalu
berpedoman pada Al-Qur’an dan Hadis).
B.
Materi
Pembelajaran
§
Pengertian akhlak dan pergaulan
Ahlak
secara etimologi berasal dari kata khuluq
dan jama’nya akhlaq yang berarti budi pekerti, etika, moral. Ahlak adalah keadaan
gerak yang mendorong untuk melakukan perbuatan-perbuatan dengan mudah dengan
tidak memerlukan pertimbangan pikiran terlebih dahulu.
Akhlak yang mulia yaitu akhlak yang diridai oleh Allah SWT, akhlak yang
baik itu dapat diwujudkan dengan mendekatkan diri kita kepada Allah yaitu
dengan mematuhi segala perintahnya dan meninggalkan semua larangannya,
mengikuti ajaran-ajaran dari sunnah Rasulullah, mencegah diri kita untuk
mendekati yang ma’ruf dan menjauhi yang munkar.
Sedangkan
pergaulan adalah suatu interaksi antara satu dengan lainnya yang tidak dibatasi
oleh apapun. Pergaulan dapat ditemui dimana saja mulai dilingkungan keluarga
sampai masyarakat umum yang membutuhkan adanya tata cara bergaul sehingga akan
ditemui kehidupan yang damai dan rukun, apalagi remaja yang ada pada zaman
sekarang menghadapi zaman yang penuh dengan tantangan dan godaan, apalagi yang
berhubungan dengan life style. Oleh
karena itu akhlakul karimah sangat penting dalam pergaulan masyarakat, terutama
dalam pergaulan remaja, apalagi saat ini sedang maraknya berbagi kenakalan
remaja, baik minum-minuman keras, berjudi, freesex,
narkoba dan lain-lain.
§ Pentingnya
akhlak terpuji dalam pergaulan
Islam
memandang bahwa remaja adalah objek dan subyek pendidikan yang memerlukan
perhatian khusus. Remaja merupakan generasi masa depan yang menjadi
harapan bangsa. Selain itu remaja merupakan aset berharga yang harus dipelihara
dan dijaga sebaik-baiknya. Segala urusan dan permasalahan yang terkait dengan
remaja harus selalu diperhatikan dengan bersungguh-sungguh.
Mengingat
peran pentingnya remaja bagi masa depan negara. Maka kita harus menanamkan
kebiasaan akhlak terpuji bagi remaja. Kebiasaan terpuji akan membentuk watak
terpuji pula dalam kehidupan mereka. Demikian juga dengan halnya dengan maju
dan mundurnya masyarakat, serta keterpurukan yang dialami oleh sebuah bangsa
tergantung pada karakter generasi muda.
Pentingnya
berakhlak terpuji bagi pergaulan remaja yaitu :
o
Menjadikan manusia yang insan kamil
dan bertakwa.
o
Eratnya tali silaturahmi.
o
Dapat saling percaya
o
Membangun pertumbuhan dan kemajuan
negara
o
Dapat menciptakan suasana aman dan nyaman
C.
Metode Pembelajaran
Metode
Role Playing
Metode role playing adalah suatu cara penguasaan bahan-bahan
pelajaran melalui pengembangan imajinasi dan penghayatan siswa yang dilakukan
dengan memerankannya sebagai tokoh hidup atau benda mati.
Langkah-langkahnya
:
a.
Guru menyusun dan menyiapkan skenario yang akan ditampilkan
b.
Menunjuk beberapa siswa untuk mempelajari skenario dua hari sebelum KBM
c.
Guru membentuk kelompok siswa yang anggotanya 5 orang
d.
Memberikan penjelasan tentang kompetensi yang ingin dicapai dalam
pembelajaran
e.
Memanggil para siswa yang sudah ditunjuk untuk memerankan skenario yang
sudah dipersiapkan
f.
Masing-masing siswa duduk dikelompoknya, sambil memperhatikan skenario
yang sedang diperagakan
g.
Setelah selesai dipentaskan, masing-masing siswa diberikan kertas
sebagai lembar kerja untuk membahas
h.
Masing-masing kelompok menyampaikan hasil kesimpulannya
i.
Guru memberikan kesimpulan
D. Langkah-langkah Pembelajaran
1.
Kegiatan Awal (5 menit)
·
Mengucapkan salam
·
Mengecek kehadiran siswa (absensi)
·
Membaca basmallah (berdo’a) sebelum memulai pelajaran
a.
Apersepsi (2 menit)
Mengulas singkat materi pelajaran yang lalu yaitu tentang adab
bertamu dan menerima tamu. Kemudian melanjutkan materi pelajaran yang akan
dipelajari yaitu tentang akhlak terpuji dalam pergaulan remaja.
b.
Motivasi (1 menit)
Menyampaikan tujuan pembelajaran yaitu agar
siswa menerapkan akhlak terpuji dalam pergaulan dan manfaatnya adalah mencegah
siswa dari pergaulan yang tidak baik dan terjerumus ke dalam kesesatan.
c.
Preparasi (2 menit)
Mempersiapkan
buku PAI, media, dan alat pembelajaran lainnya. Mengkondisikan kelas dan mental
siswa agar siap menerima pelajaran. Memberikan
pertanyaan dasar untuk menggali pengetahuan siswa tentang akhlak terpuji dalam
pergaulan remaja
(Nilai
karakter yang dimunculkan dalam kegiatan awal (Apersepsi, Preparasi dan
Motivasi) adalah empati/peduli, taqwa kepada Allah SWT. dengan selalu
mengingat-Nya dalam setiap akan memulai aktifitas, mengembangkan
ingatan/pengetahuan siswa, merangsang rasa ingin tahu, berani bertanya dan
menjawab pertanyaan, dan disiplin).
2.
Kegiatan Inti (15 menit)
a.
Eksplorasi (3 menit)
Siswa membaca buku PAI materi tentang akhlak terpuji dalam
pergaulan remaja, dan guru bertanya jawab kepada siswa tentang pengertian
akhlak.
(Nilai
karakter yang diharapkan adalah siswa pandai mengintisari buku bacaan, berani
mengemukakan pendapat, kerjasama dalam belajar, dan saling berbagi pengetahuan)
b.
Elaborasi (9 menit)
Guru
menjelaskan pengertian akhlak dan pergaulan, menjelaskan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja.
Siswa bermain peran memperagakan akhlak terpuji dan akhlak tercela dalam
pergaulan remaja. Guru menyusun
dan menyiapkan skenario yang akan ditampilkan siswa yaitu mencontohkan tentang
akhlak terpuji dan akhlak tercela dalam pergaulan remaja, guru menunjuk 10
orang siswa untuk mempelajari skenario dua hari sebelum KBM, guru membentuk
kelompok siswa menjadi 2 kelompok yang anggotanya 5 orang, guru memberikan
penjelasan tentang kompetensi yang ingin dicapai dalam pembelajaran, kemudian memanggil
para siswa yang sudah ditunjuk untuk memerankan skenario yang sudah
dipersiapkan, dan masing-masing siswa duduk dikelompoknya, sambil memperhatikan
skenario yang sedang diperagakan oleh kelompok lain, setelah selesai
dipentaskan, masing-masing siswa diberikan kertas sebagai lembar kerja untuk
membahas, kemudian masing-masing kelompok menyampaikan hasil kesimpulannya, dan
diakhiri dengan guru memberikan kesimpulan.
(Nilai
karakter yang ditanamkan adalah berani bertanya dan mengemukakan pendapat,
kerjasama, berani tampil di depan umum, berakhlak terpuji, silaturahmi, saling
menyayangi, meneladani Rasulullah, pandai menyaring informasi, menjaga
pergaulan, dan taqwa kepada Allah SWT).
c.
Konfirmasi
(3 menit)
Guru memberikan
penguatan untuk materi yang telah dibahas yaitu tentang akhlak terpuji dalam
pergaulan remaja, dengan menegaskan kembali apa yang telah disampaikan,
memotivasi siswa yang kurang berpartisipasi aktif dengan meminta mereka untuk
rajin membaca buku di rumah. Kemudian
merefleksikan kegiatan pembelajaran.
(Nilai karakter yang ditanamkan adalah siswa rajin membaca,
dan banyak bertanya)
3. Kegiatan Akhir (5 menit)
Guru menyimpulkan pelajaran tentang akhlak
terpuji dalam pergaulan remaja, memberikan tugas (PR) kepada siswa, menutup
pertemuan dengan membaca lafadz hamdalah, berdo’a sebelum pulang, dan keluar
kelas dengan tertib serta tepat pada waktunya.
(Nilai karakter yang ditanamkan adalah rajin, taqwa, dan disiplin).
E.
Media, Alat, dan
Sumber Pembelajaran
Media :
· Power Point/LCD
· Papan Tulis
Sumber Belajar :
·
Buku PAI kelas XI
·
Internet
F.
Penilaian
a.
Pengetahuan
·
Teknik
penilaian : Tes tertulis
·
Bentuk
penilaian : Essay
Tes Tertulis
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
·
Menjelaskan pengertian akhlak dan pergaulan
·
Menyebutkan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan
remaja
|
Tes Tertulis
|
Uraian
|
·
Tuliskan pengertian
akhlak dan pergaulan!
·
Apakah
pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja?
·
Bagaimana
membentengi akhlak remaja agar tidak terpengaruh oleh pergaulan yang tidak
baik?
·
Siapakah yang
paling berperan untuk membentuk akhlak?
|
Lembar
Penilaian Tes Tertulis
No
|
Butir-butir soal
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1.
2
3
4
|
Tuliskan pengertian akhlak dan pergaulan!
Apakah pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja?
Bagaimana membentengi akhlak remaja agar tidak terpengaruh oleh
pergaulan yang tidak baik?
Siapakah yang paling berperan untuk membentuk
akhlak remaja?
|
1.
Ahlak
secara etimologi berasal dari kata khuluq
dan jama’nya akhlaq yang berarti budi pekerti, etika, moral. Ahlak adalah
keadaan gerak yang mendorong untuk melakukan perbuatan-perbuatan dengan mudah
dengan tidak memerlukan pertimbangan pikiran terlebih dahulu. Akhlak
yang mulia yaitu akhlak yang diridhai oleh Allah SWT., Sedangkan
pergaulan adalah suatu interaksi antara satu dengan lainnya yang tidak
dibatasi oleh apapun. Pergaulan dapat ditemui dimana saja mulai dilingkungan
keluarga sampai masyarakat umum yang membutuhkan adanya tata cara bergaul
sehingga akan ditemui kehidupan yang damai dan rukun.
2.
Pentingnya
berakhlak terpuji bagi pergaulan remaja yaitu :
o
Menjadikan
manusia yang insan kamil dan bertakwa.
o
Eratnya
tali silaturahmi.
o
Dapat
saling percaya
o
Membangun
pertumbuhan dan kemajuan negara
o
Dapat
menciptakan suasana aman dan nyaman
3.
Membentengi akhlak remaja agar
tidak terpengaruh oleh pergaulan yang tidak baik adalah dengan menanamkan
pendidikan agama sejak dini yang dimulai dari lingkungan keluarga, menyekolahkan
anak pada lembaga pendidikan Islam. Selalu dikontrol oleh orang tua dengan siapa anak bergaul, dan
menempatkan anak pada tempat di lingkungan yang baik.
4.
Yang paling berperan untuk membentuk akhlak anak adalah orang tua,
untuk menanamkan akhlak yang baik pada anak haruslah dimulai dari lingkungan
keluarga yang tentunya kedua orang tua dapat menjadi teladan bagi anaknya,
dengan memberikan contoh akhlak yang baik. Lembaga pendidikan, dan masyarakat
juga dapat menjadi media bagi pembentukan akhlak remaja.
|
25
25
25
25
|
b.
Perbuatan/Performance
·
Teknik
penilaian : Tes perbuatan
·
Bentuk
penilaian : Bermain peran/memperagakan
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
·
Mencontohkan akhlak terpuji dan menghindari akhlak
tercela dalam pergaulan sehari-hari
|
Tes Perbuatan
|
Bermain peran
|
Lembar
Penilaian Tes Perbuatan
No.
|
Nama
|
Aspek yang dinilai
|
|
|||
Pengetahuan
|
Kejelasan ucapan
|
Penguasaan naskah
|
Penghayatan
|
|||
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
|
Ananda
Ilal
Ispar
Rani
Ririn
Siska
Sundari
Susilawati
Tri
Yosi
|
|
|
|
|
Pedoman
penskoran
Rentang
nilai :
Sempurna
: 4
Baik
: 3
Cukup
: 2
Kurang
: 1
Skor
maksimal : Rentang nilai baik x Banyaknya aspek yang
dinilai
: 4 x 4 = 16
Skor
maksimalnya : 16
Pedoman
penskoran : Skor yang diperoleh x 100
Skor maksimal
= 16 x 100 = 1600 = 100
16 16
Mengetahui,
Kepala SMAN 01 Kotabumi
Dra. Elizar,
M.Pd
NIP. 1957091020010814
|
Kotabumi, 21 Maret 2014
Guru Bidang Studi PAI
Vera Yuliar, S.Pd.I
NIP. 1993031207200604
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar